Rabu, 24 Desember 2014

KUNCI SUKSES BERWIRAUSAHA

KUNCI SUKSES BERWIRAUSAHA



Kewirausahaan (Inggris: Entrepreneurship) atau Wirausaha adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian. http://id.wikipedia.org/wiki/Kewirausahaan
Berwirausaha merupakan suatu pekerjaan yang kini marak untuk dijalani. Karena dengan berwirausaha tidak akan ada batasan waktu dan tidak dibatasi waktu. Anda bisa mengatur sendiri Wirausaha yang Anda jalani. Namun, Anda juga harus punya komitmen yang kuat, agar wirausaha Anda lebih maju. Sebuah Komitmen juga merupakan salah satu dari Kunci Sukses dari sebuah keberhasilan Wirausaha Anda.

Untuk lebih lengkapnya silahkan Anda simak Kunci Sukses dalam Wirausaha :

1.Modal
Disini saya tidak menspisifikal  bahwa modal yang saya maksud adalah uang,  memeng uang sangat dibutuhkan dalam memulai usaha yang akan kita rintis, dengan uang kita bisa menentukan usaha apa yang akan kita jalankan. Yang saya maksudkan modal disini modal berupa tekad, kepercayaan, keuletan dan tentunya adalah niat yang kuat. Selebihnya akan saya jelaskan dibawah ini

2.Tekad Baja dan Tahan banting
Untuk berwirausaha anda juga harus memiliki tekad baja. Jika anda ingin sukses berwirausaha anda harus pantang menyerah. Ingat berwirausaha berbeda dengan bekerja di perusahaan. Ini membutuhkan kesabaran untuk terus berinovasi sebelum akhirnya menjadi mesin pencetak uang anda. Tekad baja untuk terus menambah pengetahuan, berinovasi dan memperbaiki kualitas produk atau jasa yang dijual akan membuat anda sampai pada sukses.

3. Kreativitas
Jika anda ingin menjadi seorang wirausaha yang sukses maka hal ini harus selalu menjadi prioritas anda. Anda harus kreatif memilih usaha yang akan anda jalankan. Lebih baik pilihlah usaha baru yang belum ada ataupun jika anda ingin menjalankan usaha yang telah banyak diusahakan oleh orang banyak maka anda harus membuat perbedaan.

4.       Pengetahuan khusus

Memiliki pengetahuan khusus yang terkait dengan bisnis yang akan jalankan adalah penting untuk diketahui. Dengan mengetahui seluk-beluk produk atau jenis market tertentu, Anda akan terjauh dari kegagalan dari usaha yang Anda jalankan. Akan tetapi, jika kurang pengetahuan dari bisnis yang akan Anda jalankan, Anda akan membuat keputusan yang kurang baik, dan terus berusaha belajar dari kesalahan, karena bukanlah hal yang mudah bagi seorang pengusaha. 

5.       Keuletan Dan Kepintaran

Kemampuan selanjutnya untuk menjadi seorang pengusaha sukses harus memiliki kepintaran dan keulatan dalam menjalankan bisnis atau produksi. Karena dengan itu, Anda bisa melihat prospek dan kejelian dalam memasarkan atau menjalankan wirausaha Anda. 

6.       Kepercayaan Diri

Percaya diri dalam menjalankan wirausaha  tentu harus dimiliki seorang pengusaha, karena dengan kepercayaan dirinya, dia akan yakin dengan bisnis atau wirausaha yang akan dijalankan bisa sukses. 

7.       Mempunyai Motivasi Yang Tepat
Dengan mempunyai Motivasi, seorang Wirausahawan akan menjadi terdorong untuk menjadikan usahanya sukses. Motivasi bisa apa saja, tapi harus yang tepat dan baik, misalnya ingin membeli sebuah Mobil yang di mimpikan, atau apapun impian Anda.

8.       Pintar Melihat Peluang

Kunci sebuah kesuksesan juga dengan pintar melihat peluang usaha yang baik dan paling menguntungkan. Dan biasanya Orang yang gagal dalam ber-wirausaha adalah dengan mengikuti produk atau usaha disekitarnya tanpa menonjolkan sebuah kelebihan dan keistimewaan.

9.       Cerdas dalam mengambil keputusan
Untuk berwirausaha anda harus mempunyai leardership yang baik, seperti cerdas dalam mengambil keputusan. Anda harus pintar mempelajari pasar usaha yang sedang anda tekuni. Teruslah perhatikan "Kebutuhan Konsumen". Selain itu seorang wirausaha harus cerdas mengambil keputusan dalam memperlebar sayap usahanya. Berwirausaha itu tidak boleh monoton hanya pada itu-itu saja.

10.   Inovasi dan Ide

Ide dan inovasi adalah hal penting dalam menjalankan bisnis. Inovasi dan ide juga akan menentukan sebuah kesuksesan dan keberhasilan seorang pengusaha dalam menjalankan wirausahanya. 

11.   Pandangan Strategik

                Tidak ada pengusaha yang sukses tanpa pandangan stratejik terhadap perubahan banyak hal. Langkah apa yang harus diambil dimasa datang? produk baru apa yang diluncurkan ? haruskah operasional dikonsolidasikan atau ekspansi ? investasi uang atau membangun modal cadangan ? apa langkah kompetitor selanjutnya ? akankah terjadi penurunan ekonomis ? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut tergantung pada pandangan stratejik pengusaha. Pengusaha yang sudah lama malang-melintang di dunia bisnis memiliki pengalaman tersebut atau hanya dengan mengandalkan memiliki peluang yang bagus untuk sukses karena mereka bisa merasakan kemana arah angin bertiup dan akan mengarahkan kemudi di arah angin.


12.   Menghilangkan ego
            
Pengusaha dengan ego yang tinggi tidak bisa menghargai pandangan orang lain kecuali pandangannya sendiri. Mereka mudah tersinggung dan orang yang berbakat akan kesulitan bekerja dengannya. Ini bisa menjadi pangkal masalah. Karyawan dengan tingkat self-respect dan intelegensi akan meninggalkan organisasi atau berusaha low profile di tempat kerja. Mereka yang ambisius akan mengatakan pada bos apa yang hanya ingin dia dengar. Pengusaha yang egois tidak bisa menilai karyawan berdasarakan kontribusinya pada perusahaan. Mereka akan menilainya dari sudut pandang suka dan tidak suka. Pengusaha yang demikian akan menjadi santapan kompetitor.

13.   Kepemimpinan
Seorang pengusaha harus bisa menjadi seorang pemimpin. Kepemimpinan adalah kualitas yang memberikan panduan dan inspirasi bagi mereka yang melihat ke arah Anda. Banyak orang yang beruntung terlahir dengan kualitas kepemimpinan. Bagi yang lain, merupakan keterampilan yang didapat dari kerja keras dan pengalaman. Bagaimanapun, tidak ada pengusaha berhasil tanpa kualitas kepemimpinan untuk memotivasi orang yang bekerja dengannya, dorong mereka untuk memberikan yang terbaik dan tentukan arah kemana mereka melangkah

14.   Etika
Etika adalah faktor terbesar yang didengar prospek terhadap perusahaan untuk jangka panjang. Rekan – suplier, konsumen, karyawan, bankir, pemegang saham – tidak suka berhubungan dengan pengusaha yang tidak jujur. Mereka akan sulit menghilangkan sakit hatinya dan harus selalu waspada. Kejujuran dan etika adalah benih kepercayaan dan ketika orang lain mulai mempercayai Anda, banyak pintu yang akan terbuka.





15.    Kemampuan untuk berbelok
Fleksibilitas dalam berpikir adalah kualitas kunci bagi pengusaha. Mereka harus bisa merubah pandangan dan strategi berdasarkan situasi yang terjadi. Untuk melakukannya, ego perlu dihilangkan. Jika Anda memiliki sifat yang demikian, Anda tidak akan mengakui kesalahan yang sudah Anda buat dan menolak untuk mempertanggungjawabkan keputusan Anda.
 Pengusaha yang egois terus menggelontorkan uang untuk proyek yang tidak memiliki harapan memberikan keuntungan. Salah satu contoh yang paling dikenal – yang masih diajarkan di sekolah bisnis – yang memiliki kemampuan untuk berbelok adalah Microsoft. Perusahaan ini tidak menghiraukan fenomena Internet saat mulai populer dipenjuru dunia. Setelah dua tahun mengabaikannya, Microsoft meninjau ulang posisinya dan “membelokkan perusahaan dalam sekejap.” Dalam melakukan perubahan, perusahaan berhadapan dengan teknologi baru, melakukan akuisisi, mengeluarkan produk baru, dan kini berada di garis depan revolusi Internet. Semua ini tidak akan pernah terjadi jika manajer puncak tidak fleksibel dalam melakukan pendekatan dan cukup rendah hati untuk mengatakan “Kami telah melakukan kesalahan dalam hal ini .”

16.   Memiliki relasi yang luas
Dalam berwirausaha relasi sangat dibutuhkan guna memperluas pasaran usaha yang kita jalankan, hal tersebut sangat menunjang jalannya sebuah usaha  karena dengan relasi yang luas usaha yang kita jalankan akan semakin mudah untuk dipasarkan .
Relasi dapat bersumber dari orang-orang yang ada disekitar, orang yang anda kenal, kerabat yang anda miliki dll.

17.   Percaya diri
Meluncurkan bisnis baru adalah perjuangan dan tanpa kepercayaan diri dan kemampuan untuk melihat situasi, maka akan mudah hancur. Karyawan merefleksikan moral pengusaha dan jika mereka merasa Anda tidak jujur atau tidak aman, mereka akan menjadi gelisah dan tidak ada motivasi. Anda harus belajar menyimpan ketakutan dan kecemasan dalam hati dan merefkeksikannya secara personal. Dihadapan publik, Anda harus menjadi figur yang tenang dan percaya diri.


18.   Jual, jual, dan jual

Kita sering malas menawarkan produk kepada orang hanya karena bajunya lusuh, rambutnya acak-acakan, atau wajahnya tampak susah. Anda tidak boleh meremehkan seseorang, setiap orang mempunyai potensi, dan mereka bisa menjadi konsumen kita.

Anda tentu mengenal bob sadino dengan celana super pendek, kemeja sederhana, dan sAndal seadanya. Kalau Anda belum mengetahui siapa bob sadino, apakah Anda akan berani menawarkan produk mahal kepadanya? Sebagian besar dari kita mungkin menjawab tidak. Sekali lagi, pepatah don’t judge the book by the cover itu berlaku dalam bisnis.

19.   Fokus, fokus, dan fokus
Banyak pengusaha pemula yang ingin sukses dengan cepat. Alhasil, ia sangat mudah bergerak dan melompat antara satu bidang bisnis ke bidang bisnis lainnya. Ketika menemukan kesuksesan bisnis properti, mereka tertarik untuk memulainya. Padahal, mereka masih menjalankan sebuah bisnis perikanan. Tidak fokus menyebabkan Anda tidak akan mendapatkan apa-apa.
Fokuslah pada satu bidang bisnis, dan kemudian baru beralih ke bisnis lainnya. Dengan fokus, Anda akan mendapatkan percepatan bisnis. Misalnya, kita ingin memulai bisnis donat, ketika kita fokus membesarkan bisnis tersebut setiap hari, maka bisnis donat yang biasanya sukses dalam jangka waktu 5 tahun, bisa kita potong menjadi 2 tahun saja.

20.   Hemat, hemat, dan hemat

Lupakan kantor mewah, penghasilan besar, atau baju berdasi. Anda masih memulai, jadi jangan sombong dengan menganggap diri Anda bos. Anda adalah karyawan yang masih merintis sebuah bisnis. Berhematlah, makanlah seadanya, belilah kendaraan seperlunya, dan jadilah orang susah. Banyak pengusaha pemula yang tidak bisa mengatur keuangan karena hanya ingin tampak keren. Kemudian, lama-kelamaan biaya hidupnya semakin besar bahkan mengalahkan keuntungan bisnisnya setiap bulan. Kalau hal itu terjadi pada Anda, bersiaplah menerima kebangkrutan.

21.   Mengenal, mengenal, dan mengenal

Jangan memulai bisnis yang hanya terlihat seksi dan kemudian menawarkan keuntungan besar. Sebagai contoh, ada seorang pengusaha ruko yang memulai bisnis forex, dan kemudian rugi ratusan juta rupiah. Ternyata dia tidak mengetahui apa itu forex. Dia hanya mengetahui forex bisa mendatangkan uang dengan cepat melalui penanaman modal kepada seorang broker. Akibatnya bisa ditebak, Ia rugi besar.
Kenali bisnis Anda, dan kalau Anda belum kenal, maka belajarlah dengan sungguh-sungguh.
22.   Belajar dari pengalaman

Sesuatu yang terjadi dalam hidup tidak terlepas dari apa yang terjadi dari masa lalu. Apa yang terjadi di masa lalu akan berpengaruh di kehidupan masa depan. Karena itulah, kita harus hadapi proses dan kuat terhadap tekanan.
 Jadi apa yang kita lakukan sekarang akan berpengaruh kepada masa depan kita.
“Ketika kita kecil kita sudah hadapi hidup yang keras, gede nya kita akan kuat terhadap tekanan.

23.   OPTIMIS

Seorang pegusaha itu harus OPTIMIS..!! jangan Pesimis..!
Seperti kue donat “Optimis itu adalah kue donatnya, pesimis itu adalah bolongnya, jadi pesimis tidak akan menghasilkan apa-apa” Optimis akan memacu masa depan kita lebih baik. Jangan Lupa “KOMITMEN”, jangan tunggu-tunggu tapi “JUST DO IT”

24.   Gagal, bangkit lagi, gagal lagi, kemudian bangkit lagi

Seorang mentor pernah mengatakan bahwa dari 100 % penawaran, hanya 20% yang lolos untuk menjadi konsumen. Ada banyak pengusaha muda yang merasa dirinya gagal karena tawaran produknya tidak kunjung diterima.
Kalau Anda menyerah, lihat ke belakang. Berapa modal yang sudah Anda habiskan, berapa banyak pengorbanan waktu yang telah Anda luangkan, dan berapa besar harapan orang di sekeliling Anda untuk melihat Anda sukses? Percayalah, semua pengusaha pernah gagal, tetapi mereka bangkit, kemudian gagal, dan mereka bangkit lagi. Hingga berhasil. Anda pasti bisa!!
SUMBER :

Blog ini saya buat sebagai tugas dari dosen

1 komentar: